Wagub Sulteng Tutup Comic’s Tadulako Kelima

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH secara resmi menutup Competition On Mathematical Science Tadulako (Comic’S Tadulako) ke-5 se Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat Tahun 2020 secara virtual bertempat di Ruang Vidcom Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Sabtu 12 Desember 2020.

Mengawali sambutan Gubernur, Wagub Sulteng Dr. H. Rusli Dg. Palabbi SH, MH atas nama pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara atas pelaksanaan kompetisi matematika Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat hingga saat penutupan. Wakil Gubernur berharap keputusan dewan juri agar diterima dengan rasa bangga oleh peserta karena setiap kompetisi sudah pasti harus ada yang kalah. Kekalahan bukanlah menjadi suatu beban yang berat, justru kekalahan menjadi sebuah prestasi yang belum terwujud.

“Saya katakan demikian karena adik-adik telah berjuang hingga final, ini berarti sebuah prestasi yang luar biasa namun perlu kembali diasah dan giat belajar. Untuk yang juara saya ucapkan selamat dan pertahankan prestasi yang telah dicapai,” ujar wakil gubernur

Lebih lanjut Wakil Gubernur menyatakan berbagai konsepsi pembangunan bangsa yang muncul selama ini pada prinsipnya selalu menempatkan faktor manusia sebagai titik pembangunan. peningkatan sumber daya manusia perlu mendapatkan perhatian utama dan hanya dapat diwujudkan melalui proses pendidikan yang bermutu karena kualitas pendidikan perlu adanya peningkatan yang signifikan.

Rendahnya mutu pendidikan bukan semata pada pihak sekolah apalagi siswanya. Sehingga yang perlu disadari adalah sudah sejauh mana perhatian, tugas dan tanggung jawab dalam mendukung pengembangan program pendidikan di sekolah sesuai kewenangan yang ada.

“Olehnya itu melalui ajang kompetisi matematika bagi pelajar ini diharapkan mampu menjadi pendorong semangat bagi pendidik untuk lebih mengembangkan metode pembelajarannya dari konvensional menjadi metode yang lebih bervariasi sehingga akan mengubah image matematika yang tadinya ilmu yang sulit dan tidak diminati menjadi ilmu yang menyenangkan untuk dipelajari untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing,” jelas wakil gubernur.

Ketua Panitia Moh. Khaeril dalam laporannya terlebih dahulu memberikan apresiasi kepada para peserta Comic’s Tadulako 2020 serta kepada seluruh panitia pelaksana.

“Bagi yang belum juara jangan berkecil hati dan bagi pemenang agar lebih meningkatkan prestasi karena masih banyak kompetisi lainnya ,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untad diwakili Warek Bidang Akademik Dr Lukman M.Hum dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Prodi Matematika yang sering memberikan prestasi mengharukan.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam proses edukasi alumni Prodi Matematika Untad bisa dibanggakan karena mampu berkompetisi dan telah menduduki beberapa tempat strategis.

Mewakili Rektor, pihaknya juga menjanjikan kepada para finalis akan diprioritaskan sebagai calon mahasiswa di Untad melalui jalur mandiri.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, demikian pula kepada Bapak Wakil Gubernur yang berkenan menutup kegiatan ini,” ujarnya.

Atas nama Rektor Untad pihaknya juga menyampaikan selamat dan sukses kepada para finalis semoga menjadi titik start untuk pengembangan kedepan dan berharap kompetisi Comic’s-6 akan lebih baik lagi.

Adapun sebagai pemenang dalam Comic’s-5 yakni ;

Juara 1 SMA Al Azhar Madani Palu
Juara 2 SMA Al Azhar Mandiri Palu
Juara 3 MAN Insan Cendekia Palu
Harapan 1 SMA 1 Luwuk
Harapan 2 SMA 1 Sigi
Harapan 3 SMA lifescool Untad Palu dan
Juara
Harapan 4 SMA 3 Luwuk

Biro Humas dan Protokol