Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si, didampingi Kadis ESDM propinsi Sulawesi Tengah Drs. Haris Kariming, mengikuti Rapat Kerja Nasional dan Sosialisasi Munas IV Assosiasi Daerah Penghasil Minyak dan Energi Terbarukan (ADPMET), di Palembang, Kamis, 3 Juni 2021.

Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) yang sudah berdiri selama 21 tahun saat ini beranggotakan 84 daerah penghasil migas salah satunya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah , pada rakor tersebut para peserta rakor merumuskan usulan gerakan transisi energi , antara lain ” Prinsip dasarnya adalah transisi energi menuju energi terbarukan, juga dalam lima tahun ini akan gencar mengkampanyekan transisi dari penggunaan minyak kepada lebih banyak menggunakan gas,” .

Selanjutnya ADPMET mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menambah porsi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas sebesar 0,5 %, dari porsi yang sudah berjalan selama ini sebesar  15,5% untuk minyak, dan 30,5% untuk gas mengusulkan  menjadi 16% untuk minyak dan 31% untuk gas. Usulan penambahan tersebut bukan untuk keperluan belanja pegawai tetapi untuk mendukung riset dan pilot project kegiatan yang menyangkut energi terbarukan.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si , meng9harapkan semoga hasil rapat kerja ADPMET dan rekomendasi yang dirumuskan dapat dilaksanakan baik pemerintah pusat dan daerah.

Biro Adm. Pimpinan