Kepala DKIPS Prov. Sulteng Tutup Rakor Statistik Sektoral dan Bimtek Geospasial Kabupaten dan Kota Se-Sulawesi Tengah.

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona, menutup secara resmi Rapat Koordinasi Penyelengaraan Statistik Sektoral dan Pengelolaan Informasi Geospasial dan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Informasi Geopasial lingkup Kabupaten dan Kota Se-Sulawesi Tengah. Bertempat di Aula kantor BPSDM Prov. Sulteng. Selasa, (23/5/2023)

Adapun rangkaian kegiatan penutupan Rakor dan Bimtek Geospasial yakni, pembacaan rekomendasi hasil rakor yang telah disepakati dan disetujui untuk segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah sebagai implementasi Perpes No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) sekaligus penadatanganan hasil rekomendasi Rakor oleh peserta.

Selanjutnya, Kepala DKIPS Sudaryano R Lamangkona menyampaikan bahwa Geospasial sangat penting karena dapat memberikan informasi yang akurat tentang posisi keberadaan, dan kondisi serta informasi yang spesifik terkait dengan data yang ada di Sulteng.

Selanjutnya Portal Geospasial ini harus dikawal secara bersama karena perencanaan dan pelaksanaan pembangunan tanpa adanya data yang akurat akan sulit.

Revolusi kebijakam terkait kegiatan sektoral bisa menjangkau semua hal yang positif bersumber dari informasi dan berkaitan dengan potensi, manusianya, kondisi wilayah dan perencanaan.

Terakhir, Sudaryano berharap agar hasil dari Bimtek ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat memberikan dampak positif bukan hanya untuk diri pribadi tetapi juga berguna bagi masyarakat. Rencananya Rakor selanjutnya akan diselengarakan di kabupaten Banggai.

Turut hadir : Narasumber dan Staff Pengelola data statistik pada perangkat Kab/Kota dan Perangkat Daerah tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Kominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng.