Peran Aktif Sebagai Walidata, Kominfo Santik Provinsi Sulteng Terima Penghargaan.

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona diwakili Kepala Bidang Statistik Mada, bersama jajaran Bidang Statistik mengikuti Apel Pagi dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2023. Bertempat, di Halaman Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Sulteng. Selasa, (26/9/2023)

Pada apel pagi tersebut, Dinas Komunikasi,  Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menerima Penghargaan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah atas peran aktif sebagai Walidata, dalam kolaborasi penyelenggaraan statistik sektoral di Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023. 

Pada kesempatan itu, Kadis Kominfo Santik Provinsi Sulteng Sudaryano diwakili Kepala Bidang Statistik Mada, menerima plakat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala BPS Provinsi Sulteng Simon Sapary. 

Dalam sambutan tertulis Sekretaris Utama BPS RI, Kepala BPS Provinsi Sulteng Simon Sapary menyampaikan bahwa 

HSN merupakan elemen penting dari sejarah panjang perjalanan statistik nasional, yang menandai terbitnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

“Undang-undang ini merupakan titik awal perjalanan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan dibidang statistik, yang sebelumnya diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial.”Ucap Simon 

Simon juga menjelaskan, HSN bukanlah momen perayaan milik BPS saja, namun merupakan hari penting dan bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia. Karena itu, momen HSN sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh suka cita oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Ia juga menerangkan, tema HSN tahun ini adalah “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju”. Tema ini dipilih untuk menunjukkan pentingnya peran statistik dalam mewujudkan Indonesia Maju menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Untuk itu, beliau juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas data yang harus diupayakan dalam setiap tahapan kerja statistik.

“Kita telah berhasil melaksanakan pendataan Sensus Pertanian 2023 dan sedang melakukan proses pengolahan data. Saat ini pula kita sedang melaksanakan Pendataan Lengkap Koperasi dan UsahaMikro, Kecil dan Menengah 2023″ujarnya 

Sumber : PPID Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng