Jadi Narasumber Bimtek Kehumasan, Berikut Penyampaian Kadis Kominfo Santik Provinsi Sulteng.

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang digelar oleh Kantor Wilayah Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Sulteng. Bertempat, di Hotel Best Western Palu. Kamis, (12/10/2023)

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keterampilan kehumasan dalam pelayanan informasi publik melalui sosial media.

Pada kesempatan ini, Sudaryano selaku Narasumber memberikan materi tentang Kehumasan Dalam Perspektif Era Digital. Ia menyampaikan bahwa Humas memiliki tugas dan fungsi untuk membentuk citra baik sebuah perusahaan atau organisasi. Selain itu, kehumasan memiliki 3 (tiga) tujuan yakni ; memberi informasi yang akurat, membangun hubungan dengan media dan mengedukasi publik. 

“Humas adalah seni untuk menegelola citra dan persepsi. Humas bukan hanya sekadar berbicara, tetapi tentang mendengarkan dan memahami kebutuhan serta pandangan orang lain”, Ucap Sudaryano. 

Selanjutnya, Sudaryano juga menjelaskan, Kehumasan atau Public Relations (PR) dalam perspektif era digital mengalami perubahan yang signifikan. Akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah mengubah cara organisasi berinteraksi dengan publik, yang menyebabkan pergeseran dalam praktik kehumasan.

“Ada beberapa poin penting dalam konteks kehumasan di era digital seperti, komunikasi real-time, media sosial, konten digital, keamanan data, transparansi, serta adaptasi” Ujarnya. 

Lebih jauh, Sudaryano menerangkan, dalam konteks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), kehumasan atau PR memiliki peran yang penting untuk mencapai berbagai tujuan seperti ; meningkatkan informasi dan pelayanan publik yang lebih baik, meningkatkan transparansi, mendorong pasrtisipasi publik, dan mengatasi krisis dan keadaan darurat.

Terakhir, ia mengajak seluruh pihak untuk melakukan kolaborasi dan integrasi dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi publik khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Dinas Kominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng.

Narahubung : Ahyain (082251271042)