Kadis Kominfo Santik Provinsi Sulteng Terima Kunjungan DPRD Kab. Banggai Laut.

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menerima kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai Laut bersama rombongan. Bertempat, di Ruang Rapat Diskominfo Santik. Jumat, (13/10/2023)

Turut hadir : Kepala Bidang Aptika Wahyu Agus Pratama, Kepala Bidang Statistik Madda, Kepala Bidang Persandian Distiawaty serta Pejabat Fungsional dan Staf lingkup Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng.

Kunjungan ini dipimpin Ketua Komisi I DPRD Kab. Banggai Laut, Lahami Lagasi dan anggota  Rahman Patiwael, Bakri Moh Javar kinaa dan Marda Kadir. 

Pada kesempatan itu, Lahami Lagasi selaku Ketua Rombongan menyampaikan maksud kunjungannya bersama rombongan untuk melakukan konsultasi terkait keaktifan Base Transceiver Station (BTS) yang ada di Kabupaten Banggai Laut. 

Untuk itu, Ia berharap, Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng untuk bisa memfasilitasi aktivasi dan penguatan jaringan yang ada di Banggai Laut. 

Pada kesempatan itu, Sudaryano menyambut baik kedatangan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banggai Laut bersama rombongan, yang telah berkunjung ke Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng.

Selanjutnya, Sudaryano juga menyampaikan,  tugas pokok Dinas Kominfo Santik di Provinsi Sulawesi Tengah adalah membantu Gubernur dalam melaksanakan kewenangan dalam bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik sesuai dengan kebijakasanaan yang ditetapkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

Sudaryano, juga menjelaskan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi melalui aplikasi BAKTI PASTI bahwa dari 47 BTS yang diusulkan, terbangun 33 BTS dan yang aktif sebanyak 9 unit yang aktif (on air) di Kabupaten Banggai Laut.

“Pengajuan pembangunan dan aksesibilitas jaringan  melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dengan PASTI berupa internet, BTS, satelit dan fiber optik online yang diluncurkan oleh Kementerian Kominfo RI”,  jelas Kadis Kominfo 

Terkakhir, ia menyampaikan akan melakukan koordinasi lebih lanjut berkaitan dengan akses jaringan yang ada Banggai Laut. Sebab ketersediaan jaringan komunikasi dan informasi di Sulawesi Tengah juga menjadi perhatian Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura. 

Sumber : PPID Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng.