Kominfo Santik Award 2023, Sekdaprov Apresiasi Diskominfo Santik Selaku PPID Utama dan Walidata Daerah

Palu, Sulawesi Tengah – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Kominfo Santik Award 2023, Sulteng Satu Data dan Penganugerahan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik dengan tema “Bersama Kita Wujudkan Gerak Cepat Keterbukaan Informasi Publik dan Pembangunan Statistik Sektoral Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”. Bertempat, di Hotel Best Western Coco Palu. Kamis, (14/12/2023) 

Pertemuan tersebut dihadiri ; Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulteng, Wakil Ketua KI Sulteng, Bupati Morowali Utara, Ketua KPID Provinsi Sulteng, Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sulteng, Kepala OPD Lingkup Kabupaten dan Kota se-Sulteng serta pejabat terkait lainya.

Dalam laporannya, Kadis Kominfo Santik Provinsi Sulteng Sudaryano R. Lamangkona menyampaikan bahwa secara nasional, indeks pembangunan statistik Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 adalah 2,28 dengan predikat cukup serta masuk sepuluh besar nasional yaitu, urutan kedelapan.

Selanjutnya, Sudaryano menyampaikan selamat kepada para perangkat daerah yang telah meraih predikat “baik” dan “cukup” serta predikat “informatif”, komunikatif dan responsif tahun 2023. 

Ia juga menjelaskan, tujuan pelaksanaan Kominfo Award 2023 adalah pertama, mengukur capaian tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral pada perangkat daerah provinsi Sulawesi Tengah.

Kedua, meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada pemerintah daerah.

Ketiga, meningkatkan pemahaman terhadap domain, aspek, dan indikator yang akan dinilai, serta data dukung penilaian indeks pembangunan statistik.

Keempat, mendapatkan gambaran pengelolaan layanan informasi publik yang telah dilakukan oleh ppid pembantu sebagai badan publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Kelima, untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasing-masing perangkat daerah. 

Sementara, dalam sambutanya Gubernur diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Novalina menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada 6 (enam) perangkat daerah dengan perolehan tingkat kematangan pengelolaan statistik sektoral dengan predikat “baik” dan “cukup”, serta selamat kepada para perangkat daerah yang hari ini meraih predikat informatif, komunikatif dan responsif melalui pengelolaan layanan informasi dan komunikasi publik.

“Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada diskominfosantik sebagai Walidata daerah dan PPID Utama atas upaya-upaya yang dilakukan selama ini untuk mewujudkan satu data indonesia tingkat provinsi dan provinsi informatif, dan mendukung sepenuhnya rencana aksi tahun 2024” 

Sekdaprov berharap, perangkat daerah di tingkat Provinsi,  Kabupaten dan Kota se-Sulteng untuk menyiapkan data-data statistik sektoral, berkomitmen dalam pengelolaan informasi publik, pengelolaan aduan masyarakat dan publikasi kegiatan pemerintah. 

“Untuk itu, kedepan kerja-kerja kita, harus lebih ditingkatkan agar tahun berikutnya dapat diperoleh predikat sangat baik, bahkan predikat memuaskan”. Tutupnya

Adapun 6 Perangkat Daerah penerima penghargaan Sulteng Satu Data Award 2023 predikat cukup yakni, peringkat 6 diraih Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng, peringkat 5 diraih Dinas Pangan, peringkat 4 diraih Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, peringkat 3 diraih Badan Riset dan Inovasi Daerah,  peringkat 2 diraih Dinas Kesehatan Provinsi predikat baik. Dan peringkat 1 diraih Dinas Perumahan Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan dengan Predikat Baik. 

Selanjutnya, kategori tata kelola layanan informasi publik perangkat daerah informatif : Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air,  Inspektorat Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, sedangan lingkup Kabupaten dan Kota yakni ; Kab. Banggai Laut. 

Kategori tata kelola layanan Komunikasi Publik perangkat daerah Provinsi Cukup Komunikatif peringkat 1 diraih Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng, peringkat 2 diraih Bappeda Provinsi Sulteng, peringkat 3 diraih BPSDM Provinsi Sulteng, Peringkat 4 diraih Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng. Sedangkan, perangkat daerah Cukup Komunikatif yakni ; Kabupaten Morowali Utara.

Kategori tata kelola layanan Aduan Masyarakat perangkat daerah Provinsi Cukup Responsif yaitu ; peringkat 1 diraih Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng, peringkat 2 diraih Dinas Kelautan dan Perikanan, peringkat 3 diraih Bappeda Provinsi Sulteng, peringkat 4 diraih Badan Pendapatan Daerah. Sedangkan, perangkat daerah Kabupaten dan Kota diraih Kabupaten Banggai.

Juara Umum Anugrah Layanan Informasi dan Komunikasi Publik kategori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana OPD Provinsi Sulteng tahun 2023 adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng.

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfosantik.