Buka Desk Arsitektur Kinerja, Sudaryano : Sebagai Kerangka Hubungan Kerja

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona membuka secara resmi Desk Arsitektur Kinerja Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng. Desk tersebut berlangsung di Ruang Rapat Dinas Kominfo Santik. Selasa, (9/1/2023)

Pertemuan tersebut dihadiri ; Sekretaris Dinas Kominfo Santik Aswin Saudo, kepala bidang, pejabat fungsional dan staf lingkup Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng. 

Dalam pengantarnya, Sudaryano menyampaikan, arsitektur merupakan kerangka hubungan kerja baik dari input sampai pada output yang dapat digunakan sebagai pedoman dan memberikan manfaat. 

“Arsitektur kinerja sangat penting untuk kita ketahui dan diimplementasikan”ucap Sudaryano

Lebih lanjut, Sudaryano meminta, peserta desk untuk pro-aktif memberikan masukan dan berdiskusi. 

“Ibarat sebuah bangunan, arsitektur yang kuat, berfungsi dan bermanfaat kepada siapa yang tinggal di rumah tersebut”ujarnya  

Ia berharap, pertemuan ini bisa memberikan manfaat, petunjuk dan acuan agar kinerja setiap bidang di Dinas Kominfo Santik dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah di programkan.

Kemudian, Ketua Tim Strategic Transformation Unit (STU) Bappeda Subhan menyampaikan bahwa Strategic Transformation Unit (STU) merupakan pengelolaan Reformasi Birokrasi (RB) dalam pelaksanaan seluruh rencana aksi sesuai dengan target dan jadwal yang telah ditentukan.

“Tim STU termasuk Bappeda, Biro Organisasi, BKD dan beberapa lintas OPD” sebut Subhan 

Subhan juga menjelaskan, kegiatan Desk ini dilaksanakan berdasarkan laporan hasil evaluasi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Lebih jauh, ia menerangkan, dalam menentukan indikator kinerja perlunya memenuhi kriteria SMART : Spesifik (tujuan jelas dan fokus), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (sesuai kenyataan), Time Based (batas waktu). 

Sumber : PPID Pelaksana Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng dan dipublis oleh PPID Utama/Humas Pemprov Sulteng, Dinas Kominfosantik.