Tim Safari Ramadhan Pemprov. Sulteng Sambangi Mesjid Al-Ilham Banggai.

Banggai– Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona dalam rangka Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi. Bertempat, di Mesjid Al-Ilham Luwuk, Senin malam, (18/3/2024)

Tim 2B dipimpin Kadis Kominfosantik Provinsi Sulawesi Tengah, Sudaryano R. Lamangkona mewakili Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura. 

Setelah pelaksanaan Shalat Isya, Kadis Kominfosantik membacakan sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah dan diakhiri penyerahan bingkisan Ramadhan yang diterima langsung oleh Imam dan Ketua Tamir Mesjid  Al-Ilham.

Pada kesempatan itu, Sudaryano membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten Banggai dan segenap pengurus Mesjid Al-Ilham atas penyambutan yang diberikan kepada rombongan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. 

Selanjutnya, Sudaryano juga menjelaskan, Safari Ramadhan merupakan agenda  Pemerintah Provinsi Sulteng yang dilaksanakan setiap tahunnya pada momen bulan suci Ramadhan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah, umat Islam dan masyarakat di tiap Kabupaten dan Kota yang dikunjungi Tim Safari Pemprov. Sulteng. 

Selain itu, Sudaryano mengajak pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Banggai untuk mengoptimalkan bulan ramadhan ini sebagai bulan introspeksi diri sekaligus bulan sosial untuk berbagi kebersamaan, meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dalam membangun Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju. 

Di sisi lain, kegiatan Safari Ramadhan juga menjadi sarana informatif, untuk penyebarluasan pesan-pesan pembangunan melalui ceramah agama yang disampaikan oleh para Da’i Tim Safari Ramadhan Provinsi. 

“Kegiatan ini juga menjadi wadah, untuk menghimpun berbagai aspirasi masyarakat, untuk dijadikan bahan penting dalam menyusun program kebijakan pembangunan”, terang Sudaryano  

Lebih jauh, Sudaryano menuturkan, menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tengah Ke-60 pada 13 April 2023, progres pembangunan Sulawesi Tengah terus menunjukkan kinerja positif yang dapat dilihat dari beberapa capaian diantaranya, penurunan kemiskinan ekstrem dari 3,02 persen pada tahun 2022 menjadi 1,44 persen pada tahun 2023, penurunan tingkat pengangguran terbuka dari 3,75 persen tahun 2022 menjadi 2,95 persen tahun 2023, sehingga Sulawesi Tengah masuk ke dalam 5 (lima) besar daerah di Indonesia dengan tingkat pengangguran terbuka terendah.

Lanjut, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 tahun 2022 menjadi 71,66 tahun 2023, pertumbuhan ekonomi tertinggi 13,06 persen, jauh diatas rata-rata Nasional yang hanya mencapai 5 (lima) persen, realisasi investasi tertinggi nomor 3 (tiga) secara Nasional, yang diikuti pula dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan, dari tadinya hanya berkisar 900 miliar rupiah per tahun, mampu ditingkatkan hingga menyentuh angka 2 (dua) triliun rupiah pada tahun 2023.

Kemudian, ia berpesan, dengan berakhirnya pesta demokrasi Pemilu 2024, seluruh elemen masyarakat untuk terus memupuk solidaritas, persaudaraan dengan menerapkan sikap saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain. 

“Mari kita saling menjaga dan menghormati nilai-nilai keluhuran dan kemuliaan Bulan Suci Ramadhan, dengan memperkokoh silaturahmi dan kerukunan umat beragama demi terjaganya keamanan dan stabilitas roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan sesuai harapan”,harapnya 

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfosantik. 

Narahubung : Ahyain (082251271042)